17/04/13

Hadits tentang Pendidikan Islam

MATERI KULIAH HADITS STAIN SALATIGA 
Oleh: Drs. A. Bahruddin, M. Ag

Masih terkait dengan Materi Kuliah Hadits di STAIN Salatiga tentang Pendidikan Diri dan Anak, kali ini berbagi hadits yang berhubungan dengan Pendidikan Islam.
وعن أنس رضى الله عنه قال: ما مسنت ديباجاولا حرمرا ألين من كف رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا شمعتا رائحة قظ أطيب من رائحة رسول الله صلى الله عليه وسلم عشر سنين فماقال لى قط أف، ولا قال لشيئ فعلته لم فعلته، ولا لشيئ لم أفعله ألافعلت كذا. (متفق عليه)
Diceritakan dari Anas radliyallahu anhu, dia berkata: Aku tidak pernah menyentuh sutera yang lebih halus dari pada telapak tangan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dan aku tidak pernah mencium bau wangi yang lebih wangi dari pada bau Rasulullah. Aku melayani Rasulullah SAW selama 10 tahun dan sama sekali tidak pernah berkata 'ah' kepadaku. Ketika aku melakukan sesuatu, beliau tidak pernah berkata 'mengapa kau lakukan itu?' dan ketika aku tidak mengerjakannya, beliau tidak pernah berkata, 'hendaknya kamu melakukan itu!'".

وعن أبى الدردأ رضى الله عنه أن النبى صلى الله عليه وسلم قال: ما من شيئ أثقل فى ميزان العبد المؤمنين يوم القيامة من حسن الخلق، وكان الله يبغض الفاحش البذى. (رواه الترمذى)

Terjemah:
Dari Abu Darda radliyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin kelak pada hari kiamat daripada akhlak yang baik. Sesungguhnya Allah amatlah murka terhadap seorang yang keji lagi mengucapkan ucapan yang jelek.” (HR. At-Tirmizi no. 2002, Abu Daud no. 4799, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 5726)

وعن أبى هريرة رضى الله عنه قال: سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن أكثر ما يدخل الناس الجنة؟ فقا: تقوى الله، وحسن الخلق. وسئل عن أكثر ما يدخل الناس النار؟ فقال: ألفم والضرج. (رواه الترمذى)
Terjemah:
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata:“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam surga, maka beliau pun menjawab, “Takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia.” Dan beliau juga ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam neraka, maka beliau menjawab, “Mulut dan kemaluan.” (HR. At-Tirmizi no. 2004)

وعن جابر رضى الله عنه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن من أحبكم إلى وأقربكم منى مجلسا يوم القيامه أحاسنكم أخلاقا. وإن أبغصكم إنى وأبعدكم منى يوم القيامة الشرثارون والمتشدقون فما المتفيهقون. قالوا يا رسول الله قد علمنا الثرثارون والمتشدقون فما المتفيهقون؟ قال: المتكبرو. (رواه الترمذى)
Terjemah:
Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat kedudukannya denganku di hari kiamat kelak adalah orang yang terbaik akhlaqnya. Dan orang yang paling aku benci dan paling jauh dariku pada hari kiamat kelak adalah tsartsarun, mutasyaddiqun dan mutafaihiqun.” Sahabat berkata: “Ya Rasulullah… kami sudah tahu arti tsartsarun dan mutasyaddiqun, lalu apa arti mutafaihiquun?” Beliau menjawab, “Orang yang sombong.” (HR. Tirmidzi, ia berkata ‘hadits ini hasan gharib’. Hadits ini dishahihkan oleh al-Albani dalam kitab Shahih Sunan Tirmidzi)

وعن أبى هريرة رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أكمل المؤمنين إيمانا أحسنهم خلقا وخياركم خياركم لنسائهم. (رواه الترمذى)

Terjemah:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Paling sempurnanya iman orang mukmin adalah yang paling bagus akhlaq mereka, dan yang paling terpilih di antara kamu sekalian adalah yang paling terpilih akhlaqnya terhadap isteri-isteri mereka. (HR. At-Tirmidzi, ia berkata hadits hasan shahih, dan Ibnu Hibban, Al-Baihaqi, dari Abi Hurairah).

Demikian yang dapat kami bagikan, kritik dan saran serta koreksi kesalahan dalam penulisan sangat kami harapkan. Semoga bermanfaat!