17/04/13

Hadits tentang Pendidikan

Oleh: Drs. A. Bahruddin, M. Ag

Materi Kuliah Hadits di STAIN Salatiga yang diampu oleh Drs. A. Bahruddin, M. Ag. Dokumen yang kami dapat hanyalah teks Arab "gundul" tanpa harokat dan untuk pengejaan hadits silahkan googling sendiri. Sedangkan arti dan terjemah kami dapat dari Blog Al Qur'an Mulia.

وعن أبى موسى رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من مر فى شيئ من مساجدنا أو أسواقنا ومعه نبل فليمسك أليقبض على نصالها بكفه أن يصيب أحدا من المسلمين منها شيئ. (متفق عليه)

Artinya:
Dari Abu Musa ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Siapa saja yang berjalan di masjid dan pasar sedangkan ia membawa anak panah, hendaklah ia menyembunyikan atau memegang ujungnya agar jangan sampai mengenai (mengganggu) seseorang di antara umat Islam.”
(HR Bukhari dan Muslim/ Mutafaqun 'alaih)

وعن النعمان بن بشير رضى الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم مثل المؤمنين فى توادهم وتراههم وتعاطفهم مثل المسجد إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر المسجد بالسهر والحمى. (متفق عليه)
Artinya:
Dari Nu’man bin Basyir ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Perumpamaan orang yang beriman yang saling mencintai dan saling menyayangi serta saling mengasihi bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota menderita sakit, maka yang lain ikut merasakan hingga tidak bisa tidur dan merasa demam.” (HR Bukhari dan Muslim)
وعن عائشة رضى الله عنها قالت قدم تاس من الاعراب على رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالوا: أتقبلون صبيانكم فقالوا: نعم، قالوا لكنا والله ما نقبل، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أو أملك أن كان الله نزع منكم الرحمة.  (متفق عليه)
Dari ‘Aisyah ra. ia berkata: Beberapa orang Badui datang menghadap Rasulullah saw. sebagian bertanya kepada yang lain: “Apakah kamu biasa mencium anak-anak?” Sebagian menjawab: “Ya.” Dan yang lain ada yang menjawab: “Demi Allah, kami tidak pernah menciumnya.” Kemudian Rasulullah saw. bersabda: “Bagaimana jika Allah mencabut rasa kasih sayang dari kalian?” (HR Bukhari dan Muslim)

وعن أبى قتادة الحارث بن ربعى رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إنى لأقوم إلى الصلاة وأريد أن أطول فيها فأسمع بكاء الصبى فأتجوز فى صلاتى كراهية أن أشق على أمه. (رواه البخارى)
Artinya:
Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Apabila salah seorang dari kamu menjadi imam shalat bagi orang banyak hendaknya ia memperingan (mempercepat)nya, karena di antara mereka ada yang lemah, ada yang sakit dan ada pula yang sudah lanjut usia. Apabila ia shalat sendirian, perpanjanglah sesuai kemampuannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

وعن أبى هريرة رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: المسلم أخو المسلم لايخونه ولا يكذبه ولايخذله، كل المسلم على المسلم حرام، وعرضه وماله ودمه، التقوى ههنا بحسب امرئ من الشر أن يحقر أحاه المسلم. (رواه الترمذى)
Artinya:
Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Sesama muslim, jangan mengkhianati, mendustai dan membiarkannya. Sesama muslim haram mengganggu kehormatan, harta dan darahnya. Takwa itu ada di sini (sambil menunjuk dadanya). Seseorang cukup dianggap jahat apabila ia menghina saudaranya yang muslim.” (HR Tirmidzi)

Demikian yang dapat kami bagikan, kritik dan saran serta koreksi kesalahan dalam penulisan sangat kami harapkan. Semoga bermanfaat! 

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon