05/04/15

Manfaat dan Cara Budidaya Semut Jepang

Apa Itu Semut Jepang?
cara mudah berternak semut jepang
Semut Jepang merupakan jenis semut yang ada/ berasal dari negara Jepang. Jenisnya banyak sekali, lebih dari 200 spesies semut yang berbeda. Hewan yang disebut Semut Jepang ini tidaklah seperti semut-semut yang biasa kita temui di lingkungan negara kita. Semut ini lebih menyerupai "Kutu Beras", hewan yang sering dijumpai pada beras yang sudah lama tertimbun. Selain bentuknya lebih besar dari semut biasa, Semut Jepang juga memliki sayap yang keras seperti hewan yang sering terbang dan hinggap pada lampu penjual gorengan, martabak, dsb.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang
Memang terkesan aneh jika kita memakan semut Jepang dengan menelan secara langsung. Sebagai solusinya semut Jepang dapat dimasukkan dalam kapsul kosong yang banyak dijual di apotik terdekat, dan meminumnya dengan segelas air putih atau pisang. 
Lantas kenapa harus mengkonsumsi Semut Jepang?
Apa Manfaatnya?

Manfaat Semut Jepang
Semut Jepang diyakini memiliki kegunaan dan manfaat untuk:
  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, baik dikonsumsi penderita kolesterol.
  2. Menurunkan kadar gula dalam darah, baik dikonsumsi penderita diabetes.
  3. Mengobati penyakit jantung, baik dikonsumsi penderita penyakit serangan jantung.
  4. Mengobati penyakit asam urat, baik dikonsumsi orang dengan asam urat tinggi.
  5. Mengobati darah tinggi dan menjadikan tekanan darah stabil.
  6. Menambah vitalitas bagi pria maupun wanita.
Budidaya Semut Jepang
Berbeda dengan budidaya Ikan Lele yang membutuhkan kolam luas, berternak Semut Jepang dapat dilakukan dengan mudah seperti budidaya Semut Kangkrang. Semut Jepang termasuk hewan yang hidup berkelompok dan cepat dalam reproduksi. Walaupun iklim dan cuaca di Indonesia berbeda dengan negara Jepang, semut ini tetap dapat bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Sayap yang keras pada semut ini bukanlah alat untuk terbang sehingga, sehingga perawatan dan penanganannya lebih mudah untuk dikembangbiakkan.

Cara Beternak Semut Jepang
Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk beternak Semut Jepang yaitu:
  1. Sebuah toples transparan untuk menaruh semut jepang, misalnya toples bekas sosis (ada lubang sirkulasi udara).
  2. Kapas secukupnya. Ratakan kapas pada toples, namun jangan penuh-penuh.
  3. Tentunya, Semut Jepang yang akan dibudidayakan.
  4. Pakan semut Jepang, yaitu Ragi Tape (banyak dijual di pasar/ warung terdekat).
  5. Papan/ meja untuk meletakkan toples yang sudah berisi Semut Jepang. 
Cara Merawat Semut Jepang
Semut jepang tidak harus kita beri makan setiap hari, segelintir ragi tape mampu mencukupi kebutuhan 10 Semut Jepang berhari-hari, bahkan cukup untuk 1 Minggu. Selain lebih mudah dalam perawatan, semut ini cepat dalam berkembang biak. Mula-mula semut akan bertelur, kemudian menjadi larva, ulat, dan berubah menjadi anakan Semut Jepang dalam jangka waktu yang tidak lama. Satu lagi keuntungan jika Anda berternak Semut Jepang, semut ini bukanlah hewan yang berisik seperti kambing, kerbau, dll. Anda dapat meraih hasil yang banyak dari berternak Semut Jepang tanpa diketahui orang lain.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Semut Jepang, Manfaat dan Cara Membudidayakan Semut Jepang. Semoga artikel tentang semut Jepang yang singkat ini dapat bermanfaat bagi para Anda. Selamat mencoba Budidaya Semut Jepang, dan semoga berhasil!

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon