22/01/16

Bacaan Dzikir Setelah Shalat

Zikir adalah mengingat Allah SWT dengan hati dan lisan, dengan mengucapkan kalimah thayyibah. Zikir disebut juga Wirid [Wiridan]. Kalimah thayyibah yang biasa diucapkan saat berdzikir antara lain; istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, dan asmaul husna (nama-nama baik yang dimiliki Allah SWT). Zikir boleh dilakukan kapan dan dimana saja, terutama setelah melaksanakan ibadah shalat fardhu. Berdzikir sangat dianjurkan dalam Islam, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Ahzab ayat 41 dan QS. Ali Imran ayat 191.

يَأَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا اذْكُرُوْا اللهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا ۞
Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Al-Ahzab: 41)


اَلَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ قِيَامًا وَقُعُوْدًا وَعَلَى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِى خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ ﮬذَا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (ال عمران: ١٩١)
Artinya:
(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, maka peliharalah kami adri siksa api neraka". (QS. Ali-Imran: 191)

Orang yang senantiasa berdzikir akan menjadi tentram hatinya dan mendapatkan ketenangan jiwa. Allah berfirman:

اَلاَ بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ

Artinya: 
Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar-Ra'du: 28)


Dari beberapa dalil anjuran berdzikir kepada Allah SWT di atas, pada kesempatan ini kami ingin berbagi Teks Arab Dzikir Sesudah Shalat dan Tata Cara Berdzikir yang kami kutip dari buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas IV Sekolah Dasar dan beberapa referensi lain. Urut-urutan dzikir atau wiridan sesudah shalat ini kami sesuaikan dengan bacaan dzikir yang kerap digunakan di masjid/ mushola pada umumnya.

doa zikir sesudah shalat
Adapun urut-urutan dan bacaan dzikir sesudah shalat yaitu sebagai berikut:

1.        Membaca Istighfar 3 kali

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ، الَّذِيْ لاَاِلَهَ اِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ. 

2.        Membaca kalimah tauhid 3 kali

لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.

3.        Membaca Do’a Selamat

اَللَّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، وَاِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِاالسَّلاَمِ، وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

4.        Membaca Surat Al Fatihah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم، مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ، إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ، اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ، صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

5.        Membaca Ayat Kursi (QS. Al Baqarah : 255)

اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ، وَلاَ يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ.

6.        Membaca tasbih, tahmid, dan takbir (masing-masing 33 kali)

اِلَهِى يَارَبِّى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا سُبْحَانَ الله       سُبْحَانَ اللهْ   (x۳۳)
سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ، وَبِحَمْدِهِ اَلْحَمْدُ لِلَّه ...     اَلْحَمْدُ لِلَّهْ   (x۳۳)
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، عَلَى كُلِّ حَالٍ وَنِعْمَةٍ اَللهُ اَكْبَرْ...  اَللهُ اَكْبَرْ  (x۳۳)

7.        Dilanjutkan membaca takbir dan kalimah tauhid hingga selesai
اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً، لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمْ.

8.        Membaca istighfar dan sholawat (masing-masing 3 kali)
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمْ
اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ

9.        Membaca tahlil sebanyak 33 kali
اَفْضَلُ الذِّكْرِ فَعْلَمْ اَنَّهُ ...
لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهْ  (x۳۳)
لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ سّيِّدِنَا مُحَمَّدُ الرَّسُوْلُ اللهْ.

10.    Dzikir selesai, kita dapat memulai berdoa memohon kepada Allah SWT.


Kiranya demikianlah Bacaan Dzikir Setelah Shalat yang dapat kami bagikan. Jika Anda berminat untuk mencetak teks arabic Dzikir sesudah shalat ini Anda dapat mengunduh File Ms. Office Word pada link di bawah ini:

bacaan dzikir setelah shalat

Sekian, semoga bermanfaat untuk kita semua. Untuk teks doa-doa sesudah shalat insyaAllah akan kami bagikan pada post berikutnya. Terima kasih.

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon