25/03/16

Font yang Bagus untuk Menulis Arab di Microsoft Word

Menulis Arab di Microsoft Office Word merupakan salah satu hal yang gampang-gampang susah, terutama bagi seorang pemula seperti admin. Namun karena kebutuhan, admin harus terus belajar agar dapat menulis Arab di komputer atau laptop dengan baik dan cepat selesai. Pada posting kali ini kami akan berbagi beberapa Font Arab yang bagus dan muah dibaca saat digunakan untuk menulis Arab, baik itu di makalah, skripsi, maupun penulisan soal. bermaksud mereview beberapa Arabic Font yang biasa saya gunakan untuk mengetik pada Microsoft Word.
Sebelum lebih lanjut, pastikan teman-teman sudah mengaktifkan Arabic Keyboard di PC atau laptop yang akan digunakan untuk menulis Arab. Bagi yang belum menginstal, silahkan simak => 

font arab yang bagus untuk menulis di komputer
Berikut ini beberapa font Arab yang sering kami gunakan untuk menulis di Microsoft Office Word:
  • Traditional Arabic Font
Font bawaan Windows yang bagus dan mudah dibaca saat digunakan untuk menulis Arab di Microsoft Word. Kelebihan Font Traditional Arabic antara lain:
  1. Penulisan lafadz Allah terbentuk sempurna. Pada gambar di atas nampak bahwa penulisan lafaz Allah dengan font ini dapat ditulis dengan mudah. Ketika kita menekan tombol Alif, Lam, Lam, dan Ha', maka akan muncul tasydid dan harakat mad pada Lam Jalalah.
  2. Kemudahan saat ingin mencetak/ print adalah salah satu kelebihan font Traditional Arabic. Hasil cetak terlihat lebih rapi.
  3. Font Traditional Arabic ini bawaan Windows, Anda tidak perlu khawatir tulisan berubah format ketika dipindah ke komputer atau laptop lain. Anda juga tak perlu menginstal font ini secara manual, karena font ini sudah satu paket dengan OS Windows.
  • Arabic Typesetting
Selain Tradisional Arabic, teman-teman juga bisa memilih font Arabic Type Setting untuk menulis Arab di Windows. Font ini juga termasuk bawaan windows, teman-teman tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Selain dua font Arab bawaan windows tersebut, kami tambahkan 3 font Arab Standar Al-Qur'an yang enak dibaca dan rapi tentunya.
  • Adobe Arabic
  • Adobe Naskh Medium
  • Microsoft Uighur
Untuk menginstal font Arab tersebut teman-teman bisa mengunduh pada link di bawah ini. Ekstract dengan Winrar, kemudian paste di drive C (system) pada folder Windows - Font.


Demikian yang dapat kami bagikan, bagi teman-teman yang masih belum bisa mengaktifkan fungsi keyboard Arab pada Windows, silahkan ikuti langkah-langkah pada video berikut.



Update link download Font Arabic:

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon