Jumat, 20 Mei 2016

Cara Mengatasi Tombol FN Error Lenovo E10-30

Malam ini saya kedatangan tamu yang membawa sebuah netbook Lenovo E10-30 yang bermasalah pada keyboardnya. Ada tombol keyboard yang error sehingga berpengaruh pada touchpad/ mouse dan tombol-tombol keyboard yang lain. Setelah saya teliti, ternyata tombol FN lah pemicu masalah ini. Tombol FN selalu aktif sehingga ketika netbook dinyalakan fungsi mouse/ touchpad terganggu. Start Menu tidak dapat dibuka dan selalu bergerak, seperti tombol TAB yang selalu tertekan. Tombol F1 sampai F12 juga error, tanpa menekan FN tombol tersebut akan membuka shortcut jika dipencet.

Cara Mengatasi Tombol FN Error Pada Keyboard Lenovo E10-30

Tanpa pikir panjang saya bongkar tombol FN dan membersihkanya dengan kuas kecil. Setelah selesai saya pasang kembali tombol tersebut dan saya coba untuk memfungsikan tombol-tombol keyboard. Eh, ternyata tombol masih error :D

Karena saya bukan teknisi handal maka alternatif penyelesaian masalah tombol FN ini saya serahkan kepada mbah Google. Simbah memberikan banyak jawaban, sehingga justru membuat saya sedikit pusing!

Nah, solusi kasus tombol FN yang error pada netbook Lenovo E10-30 ini saya dapat dari halaman www.sutamatamasu.com, dan setelah saya terapkan Alhamdulillah sukses, dan tombol kembali normal.

Bagaimana cara mengatasi tombol FN error Lenovo E10-30?
Caranya yaitu dengan masuk ke Setting BIOS, dan Dissable Hotkey Mode.

cara mematikan tombol FN keyboard laptop
  • Pertama, karena fungsi tombol FN selalu aktif, maka untuk masuk BIOS kita harus menekan tombol (FN + F2) atau (FN + Delete).
  • Selanjutnya, silahkan masuk ke Tab Configuration, dan pilih menu Hotkey Mode. Silahkan ubah settingnya menjadi Dissable.
  • Terakhir, simpan setting BIOS dengan menekan F10/ buka Tab Exit lalu pilih Save Setting and Restart.
Selesai, dan tentunya tombol FN akan kembali normal dan netbook lebih nyaman digunakan. Terima kasih kepada bang Sutama, karena sharing Anda masalah saya teratasi. Sekian, semoga teman-teman yang mengalami masalah tombol FN Error juga bisa terselesaikan dengan cara di atas. 
Akhir kata, terima kasih kunjungan Anda dan sampai jumpa pada posting berikutnya.